Review Inkscape 0.91 [Guides]


Beberapa hari setelah saya selesai menulis Buku Panduan Inkscape 0.48.4 yang segera terbit, pengembang Inkscape merillis Inkscape 0.48.5, pas saya mau nyoba versi tersebut, eh..... pengembang malah merillis lagi versi 0.91, ya sudah akhirnya saya tidak jadi mencoba yang versi 0.48.5, namun langsung mencoba yang versi 0.91Pre01.

Berikut saya membuat beberapa Review fitur baru pada Inkscape 0.91 versi pengembangan menjadi beberapa seri.
Pada tulisan kali ini saya review fitur baru pada Guides, dan untuk review fitur pada menu atau tool lainnya akan saya tulis pada tulisan berikutnya

Apa itu Guides
Guides atau garis panduan adalah garis bantu yang dapat dipergunakan untuk mempermudah dalam membuat gambar terutama untuk mengatur letak dan posisi object. Guides dapat digeser dan diatur sesuai posisi object yang dibuat, lebih jelasnya baca halaman Cara membuat Guides

Pada Inkscape versi sebelumnya kita dapat modifikasi guides namun masih sebatas hanya mengatur letak dan jenis Guides dengan semua warna tetap sama, biasanya untuk mengakali agar garis panduan yang dibuat  warnanya berbeda dikombinasikan dengan fitur Grids.  

Maka pada Inkscape 0.91 kita dapat modifikasi guides dengan lebih leluasa, misalnya; membuat guides dengan warna berbeda dan memberi masing-masing nama Guides.

Berikut panduan singkat cara untuk modifikasi Gudies pada Inkscape 0.91
Buat satu buah Guides vertical, kemudian klik dua kali guides yang sudah dibuat, maka muncul jendela untuk modifikasi guides dengan beberapa menu dan submenu, berikut penjelasan singkatnya:
  • Label: digunakan untuk memberi keterangan nama guides yang dibuat, hal ini sangat penting untuk membedakan guides satu dan lainnya jika di canvas banyak terdapat guides. dibawah menu Gudies terdapat tombol untuk memilih warna guides dengan warna jenis HSL, maka jika tombol tersebut diklik maka muncul subjendela pengaturan untuk memilih dan mengatur warna yang diinginkan.
  • X: menunjukkan koordinat guides atau tulisan keterangan guides yang dibuat dari sisi kanan page atau halaman sesuai nilai angka pada kotak isian, disebelahnya terdapat kotak jenis Unit sesuai pengaturan page pada Document Properties, gunanya untuk mengatur jenis unit pada Koordinat X dan Y.
  • Y: menunjukkan koordinat guides atau tulisan keterangan guides dari sisi bawah page sesuai nilai angka pada kotak isian, misalnya jika yang dimodifikasi guides vertical maka nilai yang diisikan pada kotak Y adalah jarak tulisan dari sisi bawah berdasarkan titik guides.
  • Angle: digunakan untuk mengatur kemiringan guides berdasarkan derajat atau pilihan lain yang tersedia.
  • Sedangkan submenu lainnya tidak perlu saya jelaskan karena fungsinya sama pada Guides di Inkscape versi sebelumnya.

Dibawah ini adalah contoh gambar Guides Diagonal pada Inkscape yang sudah dimodifikasi


Demikian review fitur baru pada Guides di Inkscape 0.91, sampai jumpa pada review fitur baru lainnya

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Review Inkscape 0.91 [Guides]"

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.