Menyamakan Jam pada Dua Sistem Operasi Berbeda

Saat ini banyak teman-teman yang masih memakai dua sistem operasi berbeda pada komputernya, biasanya mereka tetap mempertahankan sistem operasi yang lama (windows) dengan alasan masih banyak aplikasi yang dibutuhkan dan harus di buka dengan sistem operasi yang lama tersebut, karena   ingin mempelajari sistem operasi yang berbeda, kemudian mereka memasang sistem operasi baru dalam komputer yang sama, biasanya dengan memasang (menambahkan) sistem operasi Open Source yaitu GNU/Linux atau lebih tepat disebut Distro Linux

Cara mudah Install sistem opersi menjadi Dualboot dapat Anda baca disini

Salah satu masalah yang mereka alami adalah "Jam pada dua sistem Operasi tersebut tidak mau akur", masalah ini terjadi juga pada dualboot Windows dan BlankOn 8 Rote.

Kalau kita pelajari lebih jauh lagi, sebenarnya di Komputer terdapat dua jam yaitu jam pada perangkat keras (hardware) dan jam pada Sistem Operasi.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah jika komputer tersebut jamnya tidak cocok kemudian tersambung ke internet dan memakai Peramban Mozilla Firefox  untuk melakukan penjelajahan pada situs tertentu maka akan muncul peringatan seperti dibawah ini.

Langsung ke pokok masalah yaitu menyamakan jam di komputer pada dua sistem operasi yang berbeda

Nyalakan komputer, sebelum masuk ke sistem operasi,  masuk terlebih dulu ke BIOS dengan menekan tombol tertentu pada keyboard (sesuikan dengan jenis BIOS yang dipakai) misalnya menekan tombol DELETE, F2, Esc, F10, dan lain-lain, setelah masuk ke BIOS lakukan pengaturan tanggal dan waktu sesuai waktu setempat, setelah semua sesuai simpan pengaturan tersebut, kemudian keluar dari pengaturan BIOS.

Masuk ke Sistem Operasi Windows, cek tanggal dan waktu apakah sudah sama di BIOS tadi, jika belum sama lakukan pengaturan.

Nyalakan Ulang (restart) komputer, masuk ke BlankOn 8 Rote, buka terminal, kemudian ketik perintah berikut: $ sudo gedit /etc/adjtime, masukkan Kata Sandi (password) sesuai yang Anda buat pada saat melakukan pemasangan sistem operasi, tekan ENTER, maka akan segera tampil gedit yang berisi kode-kode tertentu, ganti tulisan UTC menjadi LOCAL, setelah itu simpan dan tutup gedit tersebut.

Atur jam dan tanggal dengan melakukan klik Menu Utama BlankOn =>Pengaturan => Tanggal dan Waktu, lakukan pengaturan pada menu tersebut, untuk mengatur tanggal dan jam silakan baca Buku Panduan BlankOn pada halaman 31 yang dapat diakses melalui Menu Utama BlankOn => Aksesoris => Buku Panduan BlankOn.


Sampai disini dulu tulisan saya kali ini, penjelasan tentang "mengapa jam pada Windows dan BlankOn bisa berbeda sengaja tidak saya tulis, silakan Googling sendiri di Yahoo :D, namun secara garis besar kedua sistem operasi tersebut menerapkan metode yang berbeda yaitu GMT+7 dan UTC.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menyamakan Jam pada Dua Sistem Operasi Berbeda"

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.